VE (Virtualenv)

Virtual Environmet adalah sebuah tool yang harus ada pada program pengembangan python, kenapa harus ada? karena VE (virtualenv atau virtual environment) digunakan sebagai pemisah antara sistem operasi kita dengan package yang akan digunakan untuk membuat project kita, dengan kata lain virtualenv bisa dikatan sebagai ruang lingkup python virtual terpisah yang terisolasi dan tidak dapat diakses dari luar. Mudahnya kita membuat python lagi didalam folder yang kita gunakan untuk membuat project. Dengan kata lain mengguanakan VE untuk mencegah terjadiya suatu kesalahan pada sistem operasi kita pada saat kita menjalankan package yang digunakan untuk project yang akan kita buat. Virtualenv mempunyai beberapa keuntungan diantaranya :
1. Dapat membuat lebih dari satu virtual environment.
2. Dengan menggunakan tool virtual environtment setiap project atau aplikasi yang kita buat memiliki modelnya masing-masing.
3. Semua package yang diinstall didalam VE terpisah dari package pada sistem operasi kita sehingga menghindari terjadinya kesalahan pada sistem operasi kita.

Setelah menegtahui keuntungan dan kegunaan dari VE tersebut sekarang kita akan mencoba menginstall Virtual Environment nya menggunakan Visual Studio Code dan melalui CMD pada windows 10 home, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Cara menginstall virtual environment melalui CMD 

Masuk ke CMD dengan menekan tombol windows+R kemudian ketikan perintah "pip install virtualenv", tunggu sampai selesai proses installasi. Kemudian cek dengan cara mengetikan perintah "virtualenv --version". (Jadi didalam Python untuk menginstall sebuat tool atau framework kita tinggal mengetikan perintah "pip install (diikuti nama aplikasi atau tool)).
Dari perintah tersebut maka akan muncul versi dari virtualenv yang telah kita install yaitu versi 16.4.3. Kemudian untuk mengecek keseluruhan daftar dari package apa saja yang telah kita install kita tinggal mengetikan perintah "pip list" dan akan muncul list package apa saja yang telah kita install seperti gambar dibawah ini.
Gambar list diatas terlihat nama-mana dari package yang telah terinstall dan diikuti dengan versinya. Itulah cara untuk menginstall virtualenv melalui CMD. 

Langkah-langkah dibawah ini adalah langkah bagaimana kita menginstall package atau tool virtual environtment melalui Visual Studio Code dan bagai mana cara menjalankan Virtual Environtment pada Visual Studio Code.
1. Buka Aplikasi Visual Studi Code
Kemudian buat folder project yang akan kita buat.
 
Project yang akan dibuat namanya Myproject kemudian didalam myproject terdapat folder "myweb", nah didalam folder myweb inilah yang nantinya akan diinstall virtual environment. Perintahnya adalah "environment env" kemudian enter, pastikan saat mengetikan perintah tersebut kita sudah berada didalam folder tujuan agar hasil foldernya seperti gambar diatas. Setelah perintah "environtment env" dienter maka didalam folder myweb akan muncul folder baru dengan nama env. Masuk kedalam folder env dengan perintah cd flask, cd env kemudian didalam folder env kita akan membuat VE dengan nama webku. Perintahnya seperti gambar dibawah ini.
Tanda bahwa kita berhasil membuat folder environtment dengan nama webku adalah keterangan selesai installasi yaitu done dan pada nama folder di visual studio code talah ada folder yang kita buat. Kita masuk ke folder webku dengan perintah "cd webku" kemudian kita jalankan virtual environtmentnya dengan perintah "scripts\activate" untuk mengaktifkan virtual environtment nya.
Tanda bahwa virtual environtment pada webku sudah berjalan adalah dengan tanda (webku).
Jadi baris pertama PS C: nama folder berubah menjadi (webku) PS C: nama folder yang artinya kita telah berhasil mengaktifkan virtual environtment webku. Untuk melihat package apa saja yang telah terinstall pada virtual environtmen webku ketikan perintah "pip list". Maka akan muncul list seperti gambar dibawah ini.

Untuk menambahkan package kita tinggal ketikan perintah "pip install flask".
 Setelah selesai installasi ketikan perintah "flask --version".
Kemudian kita lihat lagi list package yang telah terinstall pasti ada perubahan list pada virtual environtmen karena kita telah menginstall flask.
Untuk menambahkan package-package lain silahkan  ketik "pip install (nama package).
Kemudian untuk menonaktifkan virtual environtmen pada web ku kita tinggal mengetikan perintah "deactivate".
Maka status virtual environtmennya akan berubah menjadi nonaktif ditandai dengan tadinya (webku) PS C : nama folder berubah menjadi PS C : nama folder.

Sekian postingan mengenai Virtual Environtment semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terimakasih.
 
Share:

1 comment:

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts