Install framework Flask python di Visual Studio Code


Apa yang dimaksud dengan framework ? framework adalah sebuah aplikasi yang memudahkan pada programmer untuk membuat aplikasi web berupa plugin untuk membuat konsep web tersebut lebih terstruktur dengan rapi. Salah satu framework yang akan digunakan dalam membangun sebuah aplikasi web dengan bahasa pemrograman python adalah FLASK. Pengertian dari flask adalah kerangka kerja aplikasi web mikro yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python dan berdasarkan Werkzeug toolkit dan template engine Jinja2. Berlisensi BSD yang berarti lisensinya memberikan kebebasan sebebas-bebasnya pada pengguna untuk melakukan apapun pada kode selama tetap menyertakan lisensi dan copyright.
Sebelum istall flask kita install dulu virtual environment dengan perintah "python -m  venv env"
Langkah instalasinya adalah dengan cara buka aplikasi visual studio code kemudian ketikan perintah "pip install flask" .
 Tunggu sampai installasi selesai.
Saat instalasi flask selesai dan sukses ternyata ada pemberitahuan bahwa pip versi terbaru telah tersedia 19.0.3 sedangkan yang saya gunakan saat ini adalah versi 18.1 ketikan perintah "python -m pip install --upgrade pip" lalu enter maka pip versi terbaru akan install secara otomatis tunggu sampai 100%.
 Installasi pip versi 19.0.3 telah sukses.
sekarang kita verifikasi atau cek apakah flask yang tadi telah kita install sudah berhasil atau belum, dengan cara ketikan perintah " flask --version".
 
Maka akan muncul versi flak yang digunakan yaitu flask 1.0.2 dan python 3.7.2.
Agar web browser kita dapat memanggil web lokal yang telah kita buat maka kita harus menambahkan port untuk flask dengan code seperti gambar dibawah ini.
Sebelum menulis code diatas pastikan membuat file dulu dengan nama app.py untuk menyimpan kode tersebut. Isi dari code app.py adalah
from flask import Flask
app=Flask(_name_)
@app.route("/")
def home ():
return "hello my flask on python"
Selesai mengetikan code diatas kemudian disimpan "ctrl+s" tinggal runingkan pada terminalnya untuk mendapatkan port flask dengan perintah "python -m flask run".
oke dari keterangan diatas bisa diketahui bahwa flask telah berjalan pada http://127.0.0.1:5000/.
Langkah terakhir cek dari browser dan isikan di url "http://127.0.0.1:5000/ agar sintaks atau code yang tadi "hello my flask on python" dapat tampil.
Sukses diweb browser jika url diisi dengann "http://127.0.0.1:5000/" maka akan tampil "hello my flask on python".
Sekian semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Terimakasih.



Share:

2 comments:

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts