SIMULASI SERVER DHCP MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

SIMULASI SERVER DHCP MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual.(Pengalamatan IP Address Otomatis). Langkah-langkah simulasi server DHCP menggunakan Cisco Packet Tracer adalah sebagai berikut :

1. Ambil satu buah Server.


2. Ambil lima Pc Client.


3. Ambil satu buah Switch yang nantinya berguna untuk menghubungkan Server dengan Pc Client.


4. Koneksikan antara lima Pc tersebut dengan Switch kemudian koneksikan Switch dengan Server menggunakan kabel Straight.


5. Kemudian setting ip Servernya nya dengan cara klik satu kali Server kemudian klik Dekstop dan pilih Ip Configuration.


6. Setelah mengisi Ip Address di Server langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasikan DHCP di Server. Klik satu kali pada Server Kemudian muncul jendela propertis pilih Servis.


7. Kemudian ubah Start Ip Address nya (ip address yang kita konfigurasikan untuk ip address pada Pc Client pertama atau ip address pertama yang digunakan pada saat DHCP dihidupkan), untuk Subnet masknya tetap sama, Maximum number of Users diganti menjadi jumlah Pc Client yang kita butuhkan yaitu 6 buah kemudian klik SAVE dan DHCP statusnya jangan lupa di nyalakan atau di posisi "ON".


 8. Setelah selesai konfigurasi Server kemudian konfigurasi di Pc Client. Dengan cara masuk di propertis Pc Client kemudian Ip Configuration yang tadinya Static diubah menjadi Dinamic dan tunggu proses Reques Ip Address nya.


9. Setelah proses Request Ip Address selesai maka ip address akan muncul.

lakukan juga pada lima Pc Client yang berikutnya dan konfigurasinya sama yaitu mengubah konfigurasi ip address yang tadinya static menjadi dinamic.

10. setelah terkonfigurasi semua maka Server dengan Pc Client sekarang bisa saling berkomunikasi, bisa di verifikasi dengan pengiriman simple PDU dari Server ke Seluruh PC Client.


yang kedua bisa dilakukan verifikasi koneksi antar Pc Client.

Hasilnya akan sukses semua.
Sekian simulasi Server DHCP menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer, semoga menambah wawasan dan bermanfaat.

Kesimpulan :
1. Dalam pembuatan simulasi Server DHCP menggunakan satu buah Server, satu buah Switch dan enam buah Pc Client.
2. Agar dapat memberikan alamat DHCP dari Server maka Server harus mengkonfigurasi DHCP dengan mengubah "Start Ip", "Maximum User", dan mengaktifkan (ON) DHCP.
3. Agar Pc Client dapat merequest alamat kepada Server maka pengaturan ip pada Pc Client harus diubah dari yang awalnya "Static" menjadi "Dinamic".


 

Share:

No comments:

Post a Comment

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts