PENGENALAN OSPF


OSPF merupakan protokol yang menganut prinsip open standart routing protokol, yang berarti OSPF merupakan protokol routing yang didukung oleh semua vendor bukan hanya Cisco. Hal ini berbeda dengan EIGRP yang hanya mendukung perangkat Cisco. OSPF versi 2 untuk IPv4 dalam RFC 2328 (1998) dan OSPF versi 3 untuk IPv6 dalam RFC 5340 (2008).
Beberapa istilah dalam OSPF yang perlu diketahui :
1. Adjacency
Hubungan antara dua router yang menjalankan OSPF, yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi routing update antara dua router yang terhubung langsung.
2. Area
Digunakan untuk mengelompokan beberapa network dan router. Setiap area memiliki ID sebagai pembeda. Di OSPF bisa menggunakan single area dan multi area.
3.  Hello Protokol
Pencarian Router yang menggunakan OSPF ketika router pertama kali melakukan hubungan atau konektifitas. Dalam hello protokol terdapat pengiriman paket yang disebut dengan hello packet dalam menjalankan fungsinya dan menggunakan alamat multicast 224.0.0.5.
4. Link-State Advertisement (LSA)
Paket data OSPF yang memberikan informasi kondisi link dan informasi yang dibagikan kepada setiap router yang telah dalam kondisi adjacency.
5. Neighborship database
Data router yang telah menjalan OSPF dan ditemukan dengan hello packet yang didalamnya menjelaskan tentang router id dan kondisi router tersebut.
6. Router ID
Identitas router yang unik menggunakan alamt ip address dari router yang menjalankan OSPF. Router Id tidak dapat dikonfigurasikan, OSPF menggunakan IP address tertinggi pada interface yang aktif untuk ditetapkan sebagai Router Id.
7. Topological Database
Mengandung semua informasi yang didapatkan menggunakan LSA untuk menentukan jalur terbaik mana yang digunakan untuk mengirimkan paket data menggunkan teknik Dijkstra Shortest Path Algorithm.

Cara kerja OSPF antara lain sebagai berikut :
OSPF harus membentuk hubungan dulu dengan router yang lainnya atau router tetanggganya untuk dapat saling bertukar informasi routing, dan mengandalkan protokol hello untuk terhubung dengan router tetangganya. Hello packet berbeda-beda tergantung dari jenis media penerus OSPF, masing-masing media memiliki karakteristik tersendiri dan OSPF mengikuti karakteristik media tersebut. Medianya diantara lain :
1. Broadcast Multiaccess
Media yang banayk terdapat pada jaringan lokal atau LAN, seperti misalnya ethernet, FDDI, dan token ring, OSPf akan mengirimkan traffic multicast dalam pencarian router-router neighbournya.
2. Point-to-Point
Hanya ada satu router yang terkoneki langsung (hanya mempunyai satu tetangga router).
3. Point-to-Multipoint
Media yang memiliki satu interface yang menghubungkan dengan banyak tujuan, traffic OSPF dikirim menggunakan alamat ip multicast.
4. Nonbroadcast Multiacces (NBMA)
Sebuah serial line yang sering dijumpai pada media poin-to-point tapi faktanya media ini dapat mengirimkan kebanyak tujuan.
Share:

2 comments:

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts