Mengaktifkan File ads.txt Pada Blogger



Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan dari google adsense seperti pada gambar diatas??
"Penghasilan anda beresiko. Satu atau beberapa situs anda tidak memiliki ads.txt perbaiki hal ini sekarang agar tidak berdampak buruk pada pendapatan anda."
Sebelum menangani hal tersebut kita harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ads.txt. Authorized Digital Sellers, atau ads.txt merupakan inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt Anda sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan. Sangat disarankan agar Anda menggunakan ads.txt. File ads.txt dapat membantu pembeli inventaris iklan mengidentifikasi inventaris palsu sehingga anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklanan yang mungkin dibelanjakan pada inventaris palsu.
Jadi untuk menangani permasalahan iklan adsense yang tidak muncul pada blog maka perlu menambahkan atau mengaktifkan file ads.txt, cara pengaktifannya adalah sebagai berikut :
1. Masuk ke Blogger kemudian pilih Setelan pada dasboard blogger lalu pilih Preferensi Penelusuran.

2. Pada bagian monetesasi pilih edit ads.txt custom.




Pada gambar diatas keterangan pada ads.txt custom adalah dinonaktifkan maka ubah menjadi aktif.
3. Mengaktifkan ads.txt custom.
Aktifkan konten ads.txt kustom? pilih YA kemudian simpan perubahan. Sebelum menyimpan perubahan kita harus mengisi id penayangan. Cara mengetahui id penanyangan atau id adsense adalah dengan cara masuk ke akun google adsense lalu masuk ke akun dan pilih informasi akun maka akan muncul keterangan id penanyangan kita. Tinggal kita copy dan pastekan pada isian ads.txt.
Gambar diatas adalah gambar dari id adsense atau id penayangan iklan.
4. Setelah mengetahui id penanyangan google adsense maka isian dari kolom ads.txt yang berisikan google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c4/fec0942fa0. ganti pub-00000000000000000 dengan id penayang yang tadi telah dicek pada akun google adsense.
Setelah selesai klik simpan perubahan.
setelah perubahan berhasil disimpan maka status ads.txt kustomnya berubah status dari yang awalnya berstatus dinonaktifkan menjadi diaktifkan, seperti gambar dibawah ini.
Setelah mengaktifkan ads.txt kita bisa cek apakah pemasangan ads.txt pada blog berhasil atau tidak dengan cara ketikan alamat blog di url/ads.txt kemudian enter, jika berhasil dipasang maka akan muncul kodenya.
Selesai cara mengaktifkan ads.txt pada blog, kita tinggal menunggu 1x24 jam agar iklan yang awalnya sempat tampil blank untuk muncul kembali.
Terimakasih semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.




Referensi:
Share:

2 comments:

  1. Kalau udah mengikuti cara diatas tapi notifnya muncul terus gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. notif masih muncul tapi iklan di web atau blog biasanya 1x24 jam sudah muncul kembali itu ngga masalah tunggu sampai 2 minggu (untuk blogspot) nanti hilang dengan sendirinya

      Delete

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts