Membuat Favorite Icon di Blog



Favorite Icon atau yang biasa disebut Favicon dalam blog adalah sebuah gambar ikon sebuah blog atau website yang berfungsi sebagai identitas dan biasanya muncul di tab atau bookmark, letaknya dipojok kiri atas tab browser. Default awalnya favicon sebuah blog adalah logo B yang artinya blogger. Dan favicon tersebut tidak akan berubah jika tidak diubah sendiri (manual). Singkatnya favicon berfungsi untuk memasarkan blog kita dan meningkatkan personal branding blog agar mudah diingat oleh para penunjung blog. Cara mengganti favicon default blog adalah sebagai berikut :
1.  Masuk ke dashboard blog pilih tataletak kemudian edit. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
2. Setelah klik edit akan muncul jendela seperti ini.
Pilih file yang akan dipilih untuk digunakan sebagai favicon kemudian simpan. Sebelumnya File yang dipilih untuk digunakan sebagai favicon sebaiknya di buat dulu kedalam bentuk yang sesuai dengan persyaratan favicon saya menggunakan generator favicon yang ini https://www.favicon-generator.org/ agar hasilnya maksimal, ada banyak generator favicon bisa dipilih setelah search di mbah google. Cara menggunakan favicon generatornya adalah sebagai berikut :
a. Pilih file dari komputer kita kemudian create favicon.

Setelah create favicon maka akan muncul hasil generator faviconnya tinggal kita download, jika hasil generatornya tidak sesuai keinginan bisa diulang lagi dengan pilihan generator another favicon. Setelah didownload dan diekstrak maka tinggal memilih favicon ukuran berapa yang kita akan dipasang kedalam blog. Kembali lagi kelangkah sebelumnya kemudian simpan. Tunggu 1x24 jam maka favicon blog akan berubah.
Baca juga : Mengaktifkan File Ads.txt Pada Blogger

Selesai gambar favicon berhasil diubah.
Sekian semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terimaksih.




Referensi:
-https://www.seniberpikir.com/cara-memasang-favicon-di-blog/
Share:

9 comments:

  1. keren ikonnya kaya ikan terbang, pake apa buatnya gan?

    ReplyDelete
  2. Sayang blog ane belum ada faviconnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dibuat gan, langkah-langkah sesui artikel diatas.insyallah berhasil blog agan ada faviconya..semoga membantu

      Delete
  3. Untuk image nya boleh terserah min ya utk dijadikan icon blog??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh yang penting jangan lupa imagenya diconvert dulu pake generator favicon

      Delete
    2. Okay sudah Sy praktekkan utk di jadikan favicon blog min... Mantap info nya, jika berkenan cek icon yg saya gunakan di Berandal.ID

      Delete
  4. Ganti vaficon itu hal pertama yg saya bikin dulu saat pertamakali jg bikin blog weyaweyo

    ReplyDelete

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts