Mengenal HTML

   



     HTML atau Hypertext Markup Language merupakan bahasa markah setandar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan dibrowser. HTML juga merupakan gabungan dari dua istilah yaitu hypertext yaitu dokumen yang berisi tautan yang memungkinkan pengguna terhubung ke halaman lain, dan istilah Markup Language merupakan bahasa komputer yang terdiri dari sekumpulan kode yang digunakan untuk mengatur stuktur dan menyajikan informasi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa html adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur (pondasi dasar) atau kerangka sebuah halaman website. Bahasa markah yang digunakan browser untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya kedalam halaman web secara visual maupun suara.

Sejarah HTML

- HTML v.1

Sejarah HTML dimulai dari HTML v.1 yang dibuat oleh Tim Berners Lee. HTML v.1 merupakan pioner perkembangan HTML dan masih terdapat banyak kekurangan serta tampilannya yang masih sangat sederhana. HTML v.1 dibuat pada tahun 1991 dan tujuan pembuatannya adalah untuk memudahkan ilmuan untuk mengakses dokumen satu sama lain di berbagai komputer. Kemampuan yang dimiliki antara lain, heading, paragraf, hypertext, list serta cetak tebal dan miring pada teks dan juga versi 1 sudah mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wrapping).

- HTML v.2

Versi HTML ini merupakan pioner dari adanya web interaktif, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuan untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan form kita bisa memasukan informasi nama, alamat, serta saran dan kritik. HTML v.2 dibuat pada tahun 1995 dengan tujuan pembuatan adalah menghubungkan dokumen dan menyajikan informasi dengan berbagai format dan gaya.

- HTML v.3

Fasilitas baru yang ada di HTML v.3 diantaranya ada FIGURE yang merupakan perkembangan dari image untuk meletakan gambar dan tabel, dan mendukung adanya rumus matematika dalam dokumen. Didalam versi ini juga bisa meletakan teks disekeliling gambar, dan bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML seperti javascript, VBScript dan lain-lain. Pembuatan HTML 3 dibuat pada tahun 1997 dengan tujuan pembuatannya adalah memperbaiki bug pada versi sebelumnya, dan mendukung styling dengan penggunaan CSS.

- HTML v.4

HTML ini banyak perubahan dari versi sebelumnya dan hampir terjadi perubahan di segala perintah HTML. HTML 4 dibuat tahun 1997-2000 dengan tujuan pembuatan adalah standarisasi kode HTML secara universal sehingga browser apapun dapat menampikan hasil yang sama.

- HTML v.5

HTML v.5 dikenal juga dengan nama HTML 5, dan yang mendasari tampilan website dengan penggabungan antara CSS, HTML dengan JavaScript. HTMl v.5 dibuat pada tahun 2014 dengan tujuan pembuatannya adalah penyaderhanaan syntax dengan efek erroe yang lebih minimal. Fitur-fitur juga lebih disempurnakan. 


Contoh Dokumen HTML sederhana

<!doctype html>
<html lang="en">
<head>
  <title>ilmuendah, Mengenal HTML</title>
</head>
<body>
  <p>Hello, Pembaca Yang Budiman</p>
</body>
</html>




Share:

No comments:

Post a Comment

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts