HAPUS TAUTAN GOOGLE PLUS PADA BLOG




 

3 Februari 2019 tepatnya 11 hari yang lalu saya mendapat e-mail pemberitahuan bahwa google plus bahwa Akun Google+ pribadi anda akan dihentikan pada tanggal 2 April 2019. Yang isi e-mail nya seperti gambar diatas.

Anda menerima email ini karena memiliki akun Google+ versi konsumen (pribadi) atau mengelola halaman Google+.
Pada Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk menghentikan penggunaan Google+ versi konsumen pada April 2019 karena rendahnya penggunaan dan tantangan dalam mempertahankan produk sukses yang memenuhi ekspektasi konsumen. Kami ingin mengucapkan terima kasih karena Anda telah menjadi bagian dari Google+ dan ingin memberitahukan langkah selanjutnya, termasuk cara mendownload foto dan konten Anda lainnya.
Pada tanggal 2 April, akun Google+ dan semua halaman Google+ yang Anda buat akan dihentikan, dan kami akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Arsip Album dan halaman Google+ juga akan dihapus. Anda dapat mendownload dan menyimpan konten Anda, tetapi pastikan Anda melakukannya sebelum bulan April. Perhatikan bahwa backup foto dan video di Google Foto tidak akan dihapus.
Proses penghapusan konten dari akun Google+ versi konsumen, Halaman Google+, dan Arsip Album akan memakan waktu beberapa bulan, dan konten mungkin akan tetap tersedia selama jangka waktu tersebut. Misalnya, pengguna masih dapat melihat beberapa bagian dari akun Google+ mereka melalui log aktivitas dan beberapa konten Google+ versi konsumen mungkin masih terlihat oleh pengguna G Suite hingga Google+ versi konsumen dihapus.
Mulai tanggal 4 Februari, Anda tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru.
Lihat FAQ selengkapnya untuk mengetahui detail lebih lanjut dan informasi terbaru menjelang penghentian ini.
Jika Anda pemilik atau moderator Google+ Komunitas, Anda dapat mendownload dan menyimpan data untuk Google+ Komunitas Anda. Mulai awal Maret 2019, data lainnya akan dapat didownload, termasuk penulis, isi, dan foto dari setiap postingan komunitas di komunitas publik. Pelajari lebih lanjut
Jika Anda login ke situs dan aplikasi menggunakan tombol Login dengan Google+, tombol ini tidak akan berfungsi lagi dalam beberapa minggu ke depan dan, pada beberapa kasus, akan digantikan dengan tombol Login dengan Google. Anda tetap dapat login dengan Akun Google di mana pun Anda melihat tombol Login dengan Google. Pelajari lebih lanjut
Jika Anda menggunakan Google+ untuk memberikan komentar di situs Anda sendiri atau situs lainnya, fitur ini akan dihapus dari Blogger paling lambat tanggal 4 Februari dan dari situs lainnya paling lambat tanggal 7 Maret. Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus mulai tanggal 2 April 2019. Pelajari lebih lanjut
Jika Anda adalah pelanggan G Suite, Google+ untuk akun G Suite Anda akan tetap aktif. Hubungi admin G Suite Anda untuk mendapatkan detail lebih lanjut. Anda juga akan segera menemukan tampilan dan fitur baru. Pelajari lebih lanjut
Jika Anda adalah developer yang menggunakan Google+ API atau fitur Login dengan Google+, klik di sini untuk melihat dampak penghentian ini pada Anda.
Dari kami semua di tim Google+, terima kasih telah menjadikan Google+ sebagai tempat yang spesial. Kami berterima kasih kepada orang-orang berbakat, yaitu para seniman, pembangun komunitas, dan pemimpin inspiratif, yang telah menjadikan Google+ sebagai rumah mereka. Semangat dan dedikasi Anda begitu berarti.
Google LLC 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043
Kami mengirim pengumuman layanan email wajib ini untuk menginformasikan perubahan penting pada produk, akun, atau Halaman Google+ Anda.

Yang saya yakin dengan pasti bahwa semua pengguna google+ pasti mendapatkan kiriman e-mail pemberitahuna yang sama.



Pada saat akan menulis di blog hari ini saya mendapat pemberitahuan dari google bahwa Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.

Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.

Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.

Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.

Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda. 


Sebelum kita mencari tahu kenapa google+ ditutup ada baikya kita mengetahui sejarahnya, sejarah singkat tentang google+.
Google+ diluncurkan pada tanggal 11 Juni 2018, Google+ juga termasuk kedalam bagian dari Google Inc. Google+ ini didirikan tujuannya adalah agar dapat menyaingi facebook. Fitur-fitur yang ada pada google+ diantaranya :
1. Circles
2. Messenger
3. Hangouts
4. Instant Upload
5. Sparks
6. Streams
7. Terhubung dengan Gmail
8. Terhubung dengan Google Maps
9. Terhubung dengan Kalaender Google
10. Dapat digunakan sebagai akun promosi sebeuah website
Dengan fitur-fitur tersebut harusnya google+ bisa bersaing dengan jejaring sosial lainnya karena dengan hanya satu kali login kita bisa terhubung dengan beberapa fitur yang disediakan oleh Google, namun pada akhirnya google+ ditutup dengan alasan sebagai berikut :
1. Sedikit pengguna yang menggunakan Google+
2. Rendahnya sesi waktu penggunaan Google+ yang kurang dari 5 detik (dengan waktu kurang dari 5 detik apa yang dapat dilakukan oleh para pengguna?)
3. Bocornya data pribadi pengguna yang bisa diakses melalui aplikasi pengembang google plus api (kurang lebih terdapat 500.000 data pengguna yang bocor.
Dengan 3 alasan tersebut akhirnya google+ ditutup.
Bagaimana cara menangani google+ yang terhubung dengan blog kita setelah kita mendapat pemberitahuan bahwa layanan google+ akan ditutup karena komentar-komentar yang ada digoogle+pun tidak bisa dimigrasikan atau dipindahkan ke dalam situs web atau blog kita, apalagi dengan tema blog kita yang terdapat kustom yang menyertakan fitur google+. Salah satu caranya kita bisa menghubungi supplier tempplate blog yang dipakai untuk mendapatkan saran dan cara yang lainnya jika template blog kita terdapat kustom fitur google+ maka kita bisa menghapusnya sendiri dengan masuk ke setelan tema pada blog kemudian kita hapus bagian yang ada fitur google plusnya. Sebagai contoh di template blog saya terdapat fitur google plusnya di bagian akhir postingan yaitu berupa tombol untuk menshare postingan yang telah saya buat dan terdapat juga pada header template maka yang saya lakukan adalah tinggal menghapus script atau code yang berhubungan dengan google plus yang ada di dalam sintaks html (tema).


Tanda share yang bergaris merah pada gambar diatas menunjukkan bahwa terdapat fitur google plus untuk menshare postingan kita. Langkah untuk menghilangkannya adalah sebagai berikut :
1. Masuk ke dalam dasboard Tema kemudian pilih Edit HTML

2. Setelah meng klik edit html maka akan muncul tampilan kumpulan sintaks html template blog kita, tekan tombol ctrl+f untuk mencari dan menemukan kata "google+" atau "google plus" (mempermudah dalam pencarian dari pada harus mencari secara manual, satu per satu sintaksnya).


3. Setelah menumukan sintaks yang berhubungan dengan google plus tinggal kita hapus.
 Hapus sintaks yang diblock tersebut, karena didalam baris sintaks tersebut terdapat link terusan untuk menshare postingan kita ke google+.

4. Setelah sukses berhasil dihapus maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.

Selesai...langkah untuk menghapus tautan google plus pada tempalte blog, langkah ini juga bisa digunakan untuk menghapus tautan jejaring sosial lainnya yang terhubung dengan blog. Demikian untuk langkah menghapus tautan google plus pada blog. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.






Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Google%2B




Share:

2 comments:

Batman Begins Background

Postingan Populer

ABOUT ME

ENDAH SARAH WANTY
Hanya seorang alumni Sarjana Teknik Informatika. Sekarang sedang fokus menikmati hidup sambil mengisi waktu untuk ngeblog dan berharap ilmunya dapat bermanfaat untuk banyak orang. 

Recent Posts